semua yang perlu Anda ketahui tentang Procurement management proyek

Business people working together Free Photo

Bagian dari menjadi manajer proyek yang sukses adalah mengetahui kapan harus membuang jaring dan mencari bantuan tambahan. Berhubungan dengan apa yang Anda miliki mungkin tampak hemat, tetapi itu bisa mendatangkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan . Pikirkan tim yang terlalu banyak bekerja, tenggat waktu yang terlewat, pekerjaan yang buruk, anggaran yang membengkak – belum lagi pelanggan yang tidak senang.

Manajemen pengadaan proyek adalah proses yang membantu Anda mencari sumber daya yang Anda butuhkan dan mengelolanya selama siklus hidup proyek. Seperti yang mungkin sudah Anda duga, ini adalah proses yang kompleks dengan banyak hal yang terjadi. Jadi, penting bagi Anda untuk memulai dengan langkah yang benar.

Dalam artikel ini, kita akan melihat lebih dekat semua yang terlibat, ditambah berbagi tip tentang cara melakukannya dengan benar.

Apa itu Procurement management?
Setiap proyek bergantung pada sumber daya – dan Procurement management adalah tentang bagaimana Anda secara efisien memperoleh, meminta, memesan, mempercepat, dan memeriksanya. Dan, seperti setiap proses lain dalam siklus hidup proyek, diperlukan manajemen strategis.

Berikut adalah beberapa pertanyaan khas yang perlu ditanyakan manajer proyek selama proses pengadaan:

Apa yang saya perlu sewa, beli, atau kontrak untuk memenuhi tujuan saya?
Bagaimana cara memastikan kualitas terbaik dari vendor luar?
Bagaimana cara mengelola hubungan ini untuk memastikan kualitas?
Tapiā€¦ tidak terlalu cepat. Sebelum manajer proyek melakukan semua ini, pertama-tama mereka perlu menanyakan satu pertanyaan penting kepada diri sendiri: Bisakah itu dilakukan sendiri? Ada pro dan kontra untuk setiap opsi, dan itu adalah tugas PM untuk menyelesaikannya sebelum mereka melakukan hal lain.

Peran apa yang dimainkan manajer proyek dalam Procurement management?
Manajer proyek terlibat dalam mengatur berbagai hal dengan vendor luar, tetapi biasanya ada orang lain yang menangani detail yang lebih baik, seperti melakukan pembayaran dan membuat kontrak. Manajer proyek dapat melakukan hal-hal ini, tetapi biasanya, anggota tim lain dapat menangani ini dan terus memperbarui manajer proyek. Semakin banyak pengetahuan yang mereka miliki, semakin mereka memiliki kendali atas proyek tersebut.

Apa saja tahapan Procurement management yang berbeda?
Setelah Anda siap untuk mulai membeli barang dan jasa, Anda siap untuk memulai perjalanan pengadaan Anda.

Ada empat tahapan yang berbeda: perencanaan, seleksi, administrasi, dan penutupan pengadaan.