Pengertian Invoice dan Perbedaannya dengan Faktur Pajak

Ketika menjalankan sebuah bisnis, perlu adanya pengetahuan mengenai keuangan dan kepengurusan dokumen. Bukan hanya pengentahuan marketing saja, karena bisnis tidak hanya seputar marketing dan penjualan saja.

Mengenai dokumen, ada banyak dokumen penting yang harus dilengkapi oleh perusahaan. Supaya catatan penjualan dan keuangan tertata dengan rapi sehingga tidak dapat disalahgunakan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sumber: https://www.freepik.es/fotos-premium/gente-negocios-trabajando-oficina-discutiendo-documentos-e-ideas_2223135.htm

Dokumen yang perlu dipersiapkan dan dimengerti oleh perusahaan adalah invoice dan faktur pajak. Secara bahasa, invoice adalah faktur. Namun, faktur berbeda dengan faktur pajak, sehingga invoice berbeda dengan faktur pajak.

Meski berbeda, masih ada saja pelaku bisnis yang cukup sulit membedakan faktur pajak dengan invoice. Padahal, keduanya memiliki arti dan fungsi yang berbeda. Lalu, apa perbedaan faktur pajak dengan invoice? Perbedaan faktur pajak dengan invoice adalah sebagai berikut.

Pengertian Invoice adalah

Sebelum membahas perbedaannya, alangkah lebih baik jika memperjelas pemahaman mengenai invoice dan faktur pajak. Invoice adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh perusahaan sebagai pihak penjual kepada pembeli atau pelanggan atas transaksi kredit yang telah terjadi diantara keduanya.

Selain itu, invoice adalah dokumen yang digunakan sebagai bukti penagihan kepada pembeli apabila lalai dalam melakukan pembayaran. Dimana invoice dibuat dalam tiga rangkap. Lembar pertama diberikan kepada bagian penjualan sebagai arsip, lembar kedua diberikan kepada bagian keuangan untuk keperluan pembukuan, serta lembar ketiga diberikan kepada pembeli.

Faktur Pajak yang Berbeda dengan Invoice adalah

Sumber: https://www.versapay.com/sparc/user-guide-paying-an-invoices

Faktur pajak adalah bukti pungutan pajak bagi Pengusaha Kena Pajak (PKP), yang melakukan penyerahan atas Barang Kena Pajak (BKP) atau Jasa Kena Pajak (JKP). Hal ini terjadi ketika PKP menjual suatu produk baik barang atau jasa yang kena pajak, maka wajib menerbitkan faktur pajak. Hampir sama dengan invoice, namun perbedaannya dengan invoice adalah bahwa faktur pajak untuk barang kena pajak, sementara invoice untuk barang tidak kena pajak.

Perbedaan Faktur Pajak dengan Invoice adalah

Selain untuk produk yang kena pajak, ada lagi perbedaan faktur pajak dengan invoice yang lainnya. Perbedaan faktur pajak dengan invoice adalah sebagai berikut:

  1. Invoice adalah dokumen yang diterbitkan ketika terjadi transaksi produk yang tidak kena pajak, sementara faktur pajak diterbitkan ketika terjadi transaksi produk yang kena pajak.
  2. Invoice bersifat wajib, dimana ketika terjadi transaksi kredit harus menerbitkan invoice. Sementara faktur pajak tidak bersifat wajib atau opsional. Jika bukan termasuk PKP, maka tidak diperbolehkan untuk menerbitkan faktur pajak karena di dalam faktur pajak terdapat nomor pajak yang hanya dimiliki PKP saja. Nomor tersebut tidak boleh dibuat custom oleh perusahaan.
  3. Invoice adalah dokumen yang diterbitkan untuk semua jenis penjualan produk baik barang atau jasa, sementara faktur pajak hanya diterbitkan ketika terjadi transaksi penjualan yang melibatkan produk kena pajak.

Selain itu, ada juga hal – hal yang perlu diketahui pelaku bisnis terkait dengan faktur pajak, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Faktur keluaran, yang merupakan faktur buatan PKP ketika menjual BKP.
  2. Faktur masukan, yang merupakan faktur yang didapatkan oleh PKP dari PKP lain ketika membeli BKP.
  3. Faktur Gabungan, yaitu faktur yang dikeluarkan berdasarkan periode tertentu.
  4. Faktur Pengganti, yaitu faktur yang dibuat ketika terjadi kesalahan pembuatan faktur.
  5. Faktur Cacat, adalah faktur yang tidak diisi dengan benar.
  6. Faktur Batal, adalah faktur yang dianggap batal karena pengisian NPWP yang salah, atau ketika pelanggan membatalkan transaksinya.

Itulah perbedaan antara invoice dengan faktur pajak. Hampir sama, namun penggunaan keduanya berbeda.

Leave a Comment