Tips Hemat Membangun Rumah Sendiri

World habitat day,close up picture of a pile of coins and a model house Free Photo

Saat ini telah tidak sedikit dikembangkan kompleks siap huni. Meskipun demikian, tak tidak banyak orang yang bercita-cita untuk membangun rumahnya sendiri. Alasannya beragam, tetapi dalil terbanyak yang digunakan ialah karena mereka dapat mendesain sendiri lokasi tinggal tersebut cocok dengan keperluan dan keinginan.

Namun, membangun rumah sendiri bukanlah suatu hal yang gampang dan murah. Belum lagi keperluan pokok yang mesti selalu diisi sedangkan harganya ingin selalu naik. Bahkan tidak sedikit yang terjebak, di mana tadinya ingin hemat tetapi malah menjerit karena ongkos pembangunan lokasi tinggal sendiri jauh lebih banyak dari duit yang tersedia. Tak melulu biaya, membangun rumah sendiri pun membutuhkan masa-masa yang lumayan lama. Jadi, mau tidak mau memang mesti bersabar untuk dapat segera menduduki rumah idaman.

Keinginan membangun rumah sendiri tidak jarang kali dihadapkan pada tantangan dana. Memang mesti dinyatakan bahwa pembangunan rumah memerlukan dana yang lumayan besar. Namun, bukan berarti lokasi tinggal yang bagus mesti sering kali mahal, namun, anda dapat menggunakan jasa bangun rumah untuk membantu anda dalam mengkalkulasikan segala kebutuhan dan anggaran. Jika Anda memahami tipsnya, membangun rumah bagus berbobot dan berkualitas dengan ongkos murah dapat diwujudkan. Berikut 8 teknik membangun lokasi tinggal sendiri dengan ongkos murah.

1. Buat Perencanaan Pembangunan Rumah
Sebagai tahapan awal, rencanakanlah pembangunan lokasi tinggal Anda, mulai dari dana, ukuran bangunan, sampai target masa-masa pembangunan. Rencana ini nantinya bermanfaat sebagai pengendali bisa jadi terjadinya pembiasan selama proses pembangunan berlangsung. Jika implementasi pembangunan lokasi tinggal melenceng dari rencana, pasti akan berimbas pada ongkos yang mesti dikeluarkan. Sebagai misal ‘ngaret’nya masa-masa pembangunan sudah tentu akan menambah ongkos tukang. Oleh karena itu, pilihlah tukang atau pemborong profesional yang benar-benar berpengalaman dalam bidangnya, sehingga dapat mengerjakan pembangunan lokasi tinggal sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.

2. Gunakan Desain Tipe Minimalis
Rumah dengan desain tipe minimalis ketika ini tengah menjadi tren baik guna pengembangan kompleks rakyat maupun pembangunan lokasi tinggal sendiri. Desain lokasi tinggal ini dinilai lebih tepat guna dalam pemakaian bahan bangunan tetapi tetap terkesan canggih dan mewah. Sesuai dengan desainnya yang minimalis, lokasi tinggal bertipe ini irit ruang sampai-sampai tak tidak sedikit menghabiskan bahan bangunan. Untuk mendapat desain lokasi tinggal tipe minimalis, kita tidak butuh merogoh kocek guna mencarter jasa seorang arsitek, tetapi dapat browsing di internet sehingga dapat memperoleh desain lokasi tinggal yang diharapkan secara gratis.

3. Tentukan Bentuk Bangunan
Bentuk bangunan dominan pada tingkat kendala pembangunan dan keperluan bahan bangunan. Rumah berbentuk persegi atau persegi panjang ingin lebih gampang dibangun dan lebih hemat ongkos dibandingkan dengan lokasi tinggal berbentuk segitiga atau yang bersudut lainnya. Umumnya, guna membentuk sejumlah sudut atau lengkungan bakal menyisakan tidak sedikit material bangunan tak terpakai. Di samping itu, tingkat kendala pada bangunan bersudut atau lengkung pun lebih tinggi sampai-sampai berisiko pada format bangunan yang tidak cukup sempurna. Perlunya perombakan pasti saja memerlukan lebih tidak sedikit waktu dan pun biaya.

4. Lakukan Riset Harga Bahan Bangunan
Harga bahan bangunan yang semakin tinggi menjadi salah satu hal yang mesti dipertimbangkan secara matang. Tak tidak banyak orang yang menunda pembangunan rumahnya sebab harga bahan bangunan yang tak ramah kantong. Nah, supaya kebutuhan dana guna bahan bangunan dapat diperkirakan, maka lakukanlah penelitian tentang harganya. Tak butuh ragu bahkan malu untuk terbit masuk toko-toko bangunan untuk menanyakan harga material yang dibutuhkan, mulai dari semen, pasir, batu bata, besi, dan beda sebagainya. Pentingnya mencocokkan harga tersebut sebab di masing-masing toko tidak selalu memasarkan dengan harga yang sama. Dengan demikian, Anda dapat memilih bahan bangunan yang berbobot dan berkualitas dengan harga yang lebih murah.

5. Selektif Memilih Juru Bangunan
Membangun lokasi tinggal sendiri bukan berarti Anda pun yang menegakkan rumah tersebut, tetapi perlu jasa juru bangunan atau tukang sebagai penyelenggara pembangunan. Merekalah yang bakal meracik seluruh bahan bangunan dan menyajikan hasil kesudahannya berupa bangunan lokasi tinggal yang bagus berkualitas. Mengingat pentingnya peran dari tukang ini, tak heran bila ongkos untuk menunaikan jasanya menyita unsur yang lumayan besar dalam perkiraan yang disiapkan. Oleh karena itu, Anda mesti selektif dalam memilih tukang. Pilihlah tukang yang benar-benar berpengalaman di bidangnya dan mempunyai reputasi kerja yang baik. Hal ini penting sebab baik tidaknya kinerja tukang akan memprovokasi efisiensi proses pembangunan rumah.

6. Mulai Membangun Secara Bertahap
Untuk membangun rumah sendiri, pada dasarnya kita tak mesti menantikan sampai dana memadai keseluruhan unsur dari pembangunan tersebut. Anda dapat memulainya secara bertahap. Mulai dari penciptaan fondasi, pendirian bangunan, sampai pemasangan atap dilaksanakan dan dicocokkan dengan budget yang ada. Memang urusan ini dapat memakan masa-masa lebih lama, tetapi urusan itu memberikan kesempatan untuk Anda guna lebih konsentrasi pada masing-masing tahapnya, serta duit yang dikeluarkan pun bisa lebih tertata dan gampang dipantau.

7. Gunakan Bahan Bangunan Lokal
Bahan bangunan berbobot dan berkualitas tak mesti mahal atau pun buatan luar negeri. Bagi menghemat ongkos pembangunan rumah, Anda dapat menggunakan bahan bangunan lokal laksana kayu, bambu, dan lainnya. Selain gampang ditemukan, jenis bahan bangunan tersebut pun lebih murah.

8. Membuat Ruangan Multifungsi
Rumah yang memiliki tidak sedikit ruangan ingin memakan ongkos lebih mahal, sebab membutuhkan bahan bangunan yang lebih banyak. Bagi menghematnya, buatlah ruangan multifungsi. Misalnya ruang tamu yang juga bermanfaat sebagai ruang keluarga, atau dapur yang disatupadukan dengan ruang makan. Pembuatan ruangan multifungsi ini cocok dengan desain lokasi tinggal tipe minimalis. Tidak butuh tidak sedikit ruangan, sampai-sampai lebih irit dalam pemakaian bahan bangunan.

Wujudkan Bentuk Rumah Impian
Jadi, tak butuh risau lagi untuk Anda yang hendak membangun lokasi tinggal sendiri dengan dana terbatas. Kini, Anda dapat mewujudkan pembangunan lokasi tinggal idaman guna keluarga kecil kita meski melulu sederhana, tetapi tetap terkesan canggih dan megah. Bagaimana juga desain dan berapa juga ukurannya, asal kita dan family nyaman bermukim di dalamnya tentu akan lebih membahagiakan.

Leave a Comment