Mengenal Lebih Dekat Kota Parigi Moutong

Parigi Moutong yakni kota yang jadi rute segitiga kencana Sulawesi, karena mengaitkan Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, serta Sulawesi Tengah. Kota Parigi Moutong adalah tempat yang sangat strategis untuk pusat pariwisata dikarenakan dengan panorama alam yang sangat indah sepanjang jalan Trans Sulawesi. Ibukota kabupaten Parigi Moutong terletak di Kota Parigi. Parigi Moutong melingkupi mayoritas dari wilayah pantai unsur timur Sulawesi Tengah dan Teluk Tomini. Kabupaten yang dilalui garis khatulistiwa ini mempunyai luas distrik 6.231 km dan warga sebanyak 444.513 (data tahun 2017).

Kondisi Geografis

Kota Parigi Moutong berbatasan dengan sejumlah daerah. Di sisi unsur utara berbatasan dengan Kabupaten Buol, Kabupaten Tolitoli dan Provinsi Gorontalo. Di sisi unsur selatan berbatasan dengan Kabupaten Poso dan Sigi. Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Donggala dan Kota Palu, dan unsur timur dengan Teluk Tomini. Kota Parigi Moutong adalah pegubungan dan juga perbukitan yang berhamparan mulai dari tepi laut utara sampai dengan selatan.

Dari Kota Palu, anda perlu menempuh jarah selama 65 kilometer atau selama 2 jam perjalanan untuk mencapai kota ini. Parigi Moutong yakni wilayah yang memiliki eksotisme pemandangan alam dasar laut yang luarbiasa.

Tugu Khatulistiwa, Ikon Parigi Moutong

Parigi Moutong mempunyai ikon berupa suatu tugu yang mempunyai nama Tugu Khatulistiwa. Tugu ini terletak di puncak bukit di ambang jalan poros Trans Sulawesi sebelah utara, yang adalah akses utama transportasi mengarah ke Gorontalo dan Sulawesi Utara. Nama khatulistiwa dipungut dari nama suatu desa di kecamatan Tinombo Selatan, Parigi Moutong. Diberi nama demikian sebab desa tersebut dilalui oleh garis khatulistiwa.

Ada urusan menarik andai kamu berangjangsana ke Tugu Khatulistiwa, yaitu anda dapat menyaksikan gejala equinox pada tanggal 21 Maret dan 23 September. Equinox ialah fenomena alam saat matahari mengarungi garis khatulistiwa. Equinox terjadi melulu dua kali dalam satu tahun, di tanggal yang telah dilafalkan sebelumnya.

Obyek Wisata Alam

Kota Parigi Moutong sebagai suatu kota yang letaknya strategis, memiliki tidak sedikit destinasi wisata yang menarik, antara beda pantai dan bukit yang menawarkan pemandangan estetis nan menawan. Berikut pembahasan singkatnya!

  • Pantai Kucing

Ditawarkan keelokan alam berbentuk beberan pasir putih, vegetasi laut, serta terumbu karang yang terpelihara dengan bagus. Kamu dapat menikmati keindahan laut dari anjungan yang juga dapat menjadi spot foto. Terdapat resot yang mempunyai dive center dan adalah satu-satunya di Parigi Moutong.

  • Puncak Santigi

Jika anda menyukai pekerjaan hiking maka Puncak Santigi ialah destinasi yang tepat untuk mengalirkan energimu. Karena untuk menjangkau Puncak Santigi, anda perlu mengerjakan perjalanan yang lumayan melelahkan sebab harus melewati tanjakan yang lumayan menantang. Tetapi tenang saja! Rasa lelah tersebut akan terbayar ketika anda tiba di lokasi. Kamu bakal disuguhkan pemandangan hijaunya pepohonan dan birunya lautan. Tempat ini sesuai untuk me-refresh benak yang penat sebab tugas kuliah atau pekerjaan, sebab pemandangan dari sini akan menciptakan kepenatanmu menguap.

  • Pulau Kelelawar

Kamu penyuka tujuan wisata yang menarik dan beda dari yang lain? Jika ya, selagi berangjangsana ke Parigi Moutong, mampirlah ke Pulau Kelelawar. Pulau Kelelawar jika ditempuh perjalanan ke Dusun Tomoli dengan jarak 60 km dari Kota Parigi. Di pulau kelelawar tersebut menjadi tempat berkembang biak seluruh kelelawar yang berada di pulau tersebut mulai dari kelelawar berwarna hitam, cokelat, hingga kuning. Jika kamu berangjangsana pada senja hari, anda akan dapat menyaksikan keadaan magis sore di sini. Namun pastikan anda dapat pulang ke penginapan, ya!

Kunjungi Kami:

GEMASULAWESI

gemasulawesi.com